Pasar Bolu, Pasar Kerbau Tradisional dengan Harga Sensasional

Pasar Bolu adalah nama pasar tradisional terbesar di Toraja. Terletak sekitar 2 km sebelah Timur Laut kota Rantepao, Pasar Bolu dapat dijangkau dengan kendaraan umum Bemo (angkot) maupun Sitor dari kota.

Pasar Tradisional di Bolu ini begitu unik karena pada hari pasar yang jatuh setiap enam hari sekali, ratusan kerbau akan dipamerkan untuk dijual di sini. Kerbau adalah ternak yang sangat berharga bagi orang Toraja, dan harga kerbau yang dijual di sini pun mencapai ratusan juta rupiah. Faktor-faktor penentu harga kerbau di Toraja di antaranya corak warna belang pada kulit kerbau, bentuk dan ukuran tanduk, hingga warna bola mata. Kerbau paling mahal adalah kerbau belang yang dalam bahasa Toraja disebut Tedong Bonga.

Sempatkan untuk membawa kamera karena di pasar ini terdapat banyak objek fotografi yang menarik, salah satunya tentu kerbau dan babi yang dijual, pandai besi yang sibuk membuat parang Toraja, hingga para pedagang tradisional yang tersebar di dalam dan sekitar pasar. Di sekitar pasar juga terdapat warung-warung yang menjual makanan khas di Toraja seperti bakso babi, kapurung, dan RW. Jadi bisa juga sekalian wisata kuliner.